Sabtu, 30 Juni 2012

Biography

Let me introduce my self..

Hmm oke bloggy. Actually, gatau harus nulis apa dan gimana karena emang gue ga pernah blogging sebelumnya hahaha (bikin blog juga kepaksa karena media buat posting tugas). Oke gue akan mulai cerita kehidupan gue delapan belas tahun silam sampe sekarang (tua yaaa hahaha tapi imut kok serius deh hahaha). Gue lahir di Jakarta, tanggal 15 September 1993 tepatnya hari rabu. Gue lahir dari seorang wanita luar biasaaaaa buat gue yang tak lain dan tak bukan adalah ibu kandung gue sendiri dan diberi nama Estin Widhiastuti. Gue anak kedua dari 2 bersaudara, anak perempuan satu-satunya dan juga anak sulung dari Bapak Wagiman dan Ibu Suhartini. Mereka membesarkan dan mendidik gue di sebuah rumah yang sederhana namun berluberan banyak cinta kasih *oke gue lebaay*. Tapi beneran kok walaupun rumah gue ga luas dan ga mewah tapi gue dan keluarga bahagia karena gue ga pernah mengalami krisis kasih sayang dari orangtua (ga kaya anak-anak lain yang mungkin kurang perhatian dari orangtuanya). Nyokap-bokap gue selalu merhatiin gue. Big ♥ for you mom-dad. Okee bloggy, rumah gue yang sederhana ini terletak di Jalan Utan Panjang 3, Kemayoran, Jakarta Pusat. Lumayan strategis lah rumah gue, banyak kendaraan umum 24 jam yang siap mengantarkan kemana saja hahaha. Dari kecil gue udah gila yang namanya sekolah. Gue iri tiap liat anak-anak lain pake seragam, dianter emak-bapaknya sekolah. Sedangkan gue?? Belom sekolaaah. Belom cukup umurnya hiks :'( Hampir setiap hari gue ngerengek sama nyokap gue minta sekolah, tapi nyokap gue selalu boongin gue. Dia selalu bilang: “gurunya lagi rapat” atau “gurunya ga masuk” atau dengan alasan alasan lainnya (tapi gue percaya maklum lah masih kecil hahaha). Jadi yaa aktivitas gue selain makan, minum, mandi, main, bobo yaa mengaji (hahaha islami yeeee). Sejak gue belum sekolah dulu (masih dipangkuan ibunda) entah kenapa gue suka banget main dokter-dokteran daaaaan gue juga bercita-cita jadi dokter loh *tapi sekarang gue malah keluar jalur hahaha*



My Beloved TK


Oke lanjut. Hmm pas usia gue beranjak 3 tahun 9 bulan, nyokap gue daftarin gue TK deh tuh (biar ga ngerengek ngerengek minta sekolah terus hahaha).  Gue di tes baca saat itu sama Kepala Sekolahnya daaaaan gue lulus guyssss hahaha. Oiya gue belom nyebutin gue Tk dimana yah? Hahaha gue TK di Harapan. Semasa itu ya gue menjalani hidup selayaknya anak TK lainnya. Bermain, menggambar, belajar menulis, dan lain-lain. Setiap hari nyokap gue tercinta selalu nganterin gue ke sekolah dan nungguin gue sampe pulang. Dulu gue termasuk anak yang cengeng dan juga penakut *loh emang sekarang engga ya tin?* Dulu itu ada dua temen satu kelas gue yang nakal bangeeet. Namanya Jessica sama Muhammad Safarli (Ai’). Nah kalo lagi belajar mereka suka masuk ke kolong meja terus cubit cubitin kaki gue. Gue cuma bisa nangis dan ngadu ke guru gue hahaha cengeeeng. Oiya guru TK gue itu namanya Bu Sri. Dia masih aktif jadi guru TK harapan loh sampe sekarang (WOW). Hmm waktu TK gue juga suka banget pake baju adat saat acara 17 Agustusan loh. Gue juga tampil nari lagunya “Maisy” pas acara panggung gembira pelepasan TK hahaha. Gue itu TK dua tahun loh pemirsaaa (TK A dan TK B) karena waktu itu mau masuk SD tapi ga diterima umurnya belom cukup hikss. Tapi gue sih seneng seneng aja di TK kan kerjaannya menyanyi, main dan menggambar.


My Elementary school

Hm udah gue singgung sedikit ya tadi diatas, pas gue lulus TK A nyokap langsung daftarin gue SD. Nyokap daftarin gue di SD Negeri Cempaka Wangi. Nyokap pengen banget gue masuk situ karena abang gue juga sekolah disitu. Tapi yaa apa mau dikata gue ditolak masuk SD situ karena katanya belom cukup umur (mereka pasti nyesel ga nerima gue tuh hahaha kan gue mah anak rajin, berkelakuan manis pula). Oke, after that nyokap gue daftarin gue ke SD Harapan tuh. Eh tapi katanya belom bisa juga. Yaudah deh yaaa jadinya pas umur gue 6 tahun gue baru masuk SD. Gue SD di Harapan. Pas kelas 1 SD guru gue namanya Ibu Tia. Dia orang Batak, aseli gue takut kalo dia udah marah. Dulu pas gue kelas 1 kan sistem nya masih caturwulan tuh yaa (kalo sekarang kan udah semester). Nah pas pembagian raport caturwulan 1 jengjengjeng gue dapet rangking 9. Gue seneeeng banget dapet rangking 9 karena menurut gue itu angka yang besar dan mendekati angka 10 hahaha maklum polooos :p. Tapi karir gue dimasa SD terus meningkat kok hahaha sombong. Gue termasuk anak yang rajin karena setiap malem nyokap selalu ngajarin gue dan ngulang pelajaran yang dipelajarin disekolah *sekarang mah boro-boro gue balik ngampus aja yang ada dipikiran pasti TIDUR hahaha* Gue itu dari SD kelas 1 sampe kelas 6 masih di anter jemput bokap gue hahaha malu gue kalo liat anak anak SD jaman sekarang yang berangkat dan pulang sendiri. Okee gue pas SD juga banci tampil loh hahaha tiap ada acara pentas seni di sekolah gue pasti tampil, entah itu nyanyi atau nari hahaha. Kalo ngomongin prestasi gue pas SD sih jangan ditanya lagi hahaha. Buat prestasi akademik yah gue lumayan lah yaaa hahaha tapi buat non akademiknya ga ada tuh hahaha. Eh iya tapi gue pernah menang lomba 17 agustusan loh di SD. Jadi ceritanya gini, dulu itu SD gue ngadain lomba dimana pesertanya seluruh murid di tiap kelas. Murid-murid diminta catwalk di depan kelas kemudian diberi pertanyaan seputar daerah masing-masing baju adat yang dipake. Waktu itu gue pake baju adat Jawa Tengah warna merah. Pas upacara bendera Kepala Sekolah ngumumin pemenang lomba. Dan disebutlah….. Kelas 4. Juara pertama………. ESTIN WIDHIASTUTI….. hahaha kaget dan senengnya bukan main karena gue gapernah menang dalam lomba apapun apalagi juara 1 hahaha. Sumpah jadi kangen masa masa SD nih hikss. Oke lanjut. Gue lulus dari SD tahun 2005 (Alhamdulillah lulus tepat waktu) dan dengan hasil yang cukup lah yaa buat masuk SMP Favorit hehe.


Junior High School

And then setelah lulus SD pastinya gue masuk SMP dong yaaah sama kaya anak-anak lain pada umumnya. Alhamdulillah gue masuk SMP 10. SMP ini sekolah favorite looooh. SMP gue ini terletak di jalan Sumur Batu Raya, Jakarta Pusat. Nah pas SMP gue mulai mandiri nih, gue udah ga dianter jemput lagi. Gue berangkat dan pulang sekolah naik angkot *wow*. Ini juga gue berani karena ada temen gue yang arah rumahnya ga begitu jauh dari gue hahaha. Oke kalo ngebahas tentang prestasi gue di SMP yaa standar lah ga ada apa-apanya hahaha. Honestly di sekolah gue ini anaknya pada pinter-pinter, jadi persaingannya lumayan ketat lah yaa. Eh iya mau cerita dikit nih waktu SMP gue pernah jadi wartawan cilik “DASA MEDIA SMP 10”, itu nama bulletin sekolah gue yang terbit setiap tiga bulan sekali. Gue juga gatau kenapa gue bisa kepilih jadi wartawan cilik mungkin itu Cuma keberuntungan hahaha. Masa-masa SMP buat gue ga kerasa banget. Cepeeeet banget kayanya tau-tau udah UAN aja hahaha. Tapi Alhamdulillah lagi lagi gue lulus walaupun yaa nilainya biasa aja dan ga cukup buat masuk SMA idaman gue.

Putih Abu-Abu

Oke bloggy ini masa-masa paling ngangenin buat gue. Unforgetable. Memorable. Sweetest Moment. Gue menghabiskan masa-masa putih abu-abu ini di SMA 5 Jakarta. Sebuah sekolah yang terletak di Jalan Sumur batu raya (deket SMP gue). Ini bukan sekolah yang gue mau. Oke tapi gue cukup tabah menerimanya hahaha apa mau dikata NEM gue aja cuma 30.70. Gue masuk SMA 5 dengan urutan ke 83 dari kurang lebih 360 siswa.  Hari pertama masuk SMA yang tampangnya pada kocak-kocak (yang cewe rambutnya dikepang abis satu kepala dan yang cowok rambutnya klimis) dengan name tag yang digantungin di dada. Dan gue inget bangeet di name tag itu ada foto bareng tukang bajaj (ah seniornya ada ada aja nih tapi gapapa hahaha memorable. Di SMA gue itu satu angkatan terdiri dari 8 kelas yang mana saetiap kelasnya terdiri dari hmm kurang lebih 40 anak lah yaa. Oiya SMA gue ini bisa dibilang “kejam” dalam membuat peraturan. Masa iya cowok rambutnya gaboleh gondrong?? Hellowww look outside. Liat sekolah sekolah laen tuh fine-fine aja kalo cowoknya rambutnya gondrong. Gue emang bukan cowok tapi gue juga boseeeeen kali pemandangan di sekolah gue cowoknya rambutnya begitu semuaa hahaha ubah aja tuh sekolah jadi sekolah militer sekalian hahaha. Tapi paling memeorable nih yaa kalo anak cowok yang rambutnya ngutupin kuping itu lagi ngumpet dari Ibu Tutik (guru Seni Musik yang juga merangkap di bidang kesiswaan). Kalo ketauan sama Bu tutik pasti itu rambut anak cowok di papas abis hahaha di potong asal-asalan (jadi kaya buka salon dadakan di SMA gue). Banyak sweet things yang terjadi di masa-masa SMA yang mungkin ga bisa gue ceritain satu persatu *kapan selesainya kalo diceritain semua hahaha* yang pasti di SMA ini gue belajar banyak hal. Di SMA juga gue baru ngerasain yang namanya *ehem pacaran itu kaya gimana hahaha SMP kan gue masih cupu Cuma ngeliatin aja kalo temen-temen gue lagi pada pacaran dan gamau juga punya pacar, cuma sekedar suka sukaan aja jaman SMP mah hehe. Nah di SMA ini lah jam terbang gue akan hal yang berbaur seperti ini lebih banyak hahaha oke lupakan. Pas SMA gue ambil jurusan IPA (lanjutan dari cita-cita gue semasa kecil nih yang pengen jadi dokter). Gue suka banget pas SMA sama pelajaran KIMIA. Pas kelas 1 SMA sih gue ga sama sekali tertarik sama yang namanya kimia tapi pas kelas 2, gue mulai seneng sama pelajaran ini *gue jadi kangen pengen belajar kimia lagi deh* Guru kimia favorite gue di SMA itu namanya Ibu ferial. Dia expert banget deh pokoknya. Dia yang bikin gue ngerti gimana nyetarain reaksi, termokimia, hidrokarbon, benzena, hidrolisis, asam-basa, laju reaksi, elektrolisis, dan masih banyaaaaaak lagi……… Pokoknya Ibu Ferial the best banget deh. Tiada duanya. Gue kangeeeeen Bu Ferial beneraaaaaan deh hikss *curhat* Gara-gara Bu ferial juga pas SMA gue kepilih ngewakilin sekolah gue dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) yaa walaupun ga menang yang penting kan ngeksis namanya diumumin dispeaker sekolahan hahaha. Ga berasa deh pokoknya masa-masa SMA kayanya tuh cepet banget. Tau-tau UAN, lulus-lulusan terus liburan panjaaaang deeeh. Tapi gue ga libur bloggy, sibuk intensif buat dapet universitas Negeri hehe. Pokoknya masa-masa SMA itu ga berasa banget yah ternyata dan emang bener kata orang-orang kalo masa putih abu-abu itu ngangenin *gue ngerasa banget*.  I can’t forget anything. That was so memorable. Masa dimana proses kekanak-kanakan menjadi seorang remaja. Setiap orang pasti akan ngerasain kangennya masa-masa SMA itu. So buat yang masih SMA nikmatin aja lah masa-masa indah lo semua hehe. Sweetest ♥♥

Welcome College, bye Putih Abu-abu

Siapa sih yang ga pengen kuliah di universitas Negeri? *gue pengen banget* tapi yaa apa boleh dikata gue ga diterima dimanapun haha impian gue buat menjadi dokter sirna sudah. Impian kuliah di bidang biologi sirna sudah. Impian kuliah di jurusan farmasi impian belaka hahaha. Dari mulai SNMPTN Undangan gue ikutin tapi ga keterima. SNMPTN tertulis gue ikutin tapi ga lulus, SIMAk gue ikut juga tapi ga lulus, sampe UMB gue ikutin tapi nasib gue kurang baik sepertinya hahaha. Gue udah mulai give up dan putus harapan masuk Universitas Negeri. Gue carilah beberapa universitas swasta buat gue pilih-pilih mana yang bakalan gue pilih jadi tempat berlabuh gue menempuh S1 hahaha. Dan akhirnyaaaa setelah pemikiran yang panjang daftarlah gue di sebuah Universitas (kampus gue sekarang ini). Gue kuliah di Universitas Gunadarma jurusan akuntansi kurang lebih baru 1 tahun (gue masih semester 2). Kelas pertama gue yaitu kelas EB 11. Di kelas ini gue ketemu sama orang-orang baru yang sebelumnya ga ada yang gue kenal sama sekali. Mengenal satu sama lain dengan karakter yang berbeda-beda. Kelas yang asik buat gue, seru deh pokoknya. I will miss you guys  Berhubung gue belom begitu lama di Gunadarma cukup sekian lah pengalaman hidup gue. Mungkin akan gue sambung lagi nantinya disaat gue lulus dari universitas ini. Gue berharap bisa lulus tepat waktu, kalo bisa malah lebih cepet. Amin. Dan semoga kuliah gue lancer-lancar aja, hasilnya maksimal. Amin lagi. Ga apa apa lah yaa gue gabisa wujudin impian gue jadi dokter, kerja di LIPI dan lain-lain. Apapun yang terjadi gue harus tetep lanjutin hidup gue dan jadi yang terbaik hehe.



Okeee bloggy. Just that cuap-cuap dari gue. Thank’s buat tugas ini yaa kak Fauzi. Saya jadi bisa share pengalaman hidup (walaupun saya tau ga ada yang baca kecuali kakak) hahaha. Sekian dan terimakasih.

Kamis, 28 Juni 2012

My certificate ♥♥

This is to certify Estin widhiastuti as participant in "KOMPETISI NASIONAL PASAR MODAL 2012"




And this is to certify Estin Widhiastuti as a participant in "KULIAH INFORMAL EKONOMI SYARIAH 2012"


Big Congrats for meeeh hahaha :D

Minggu, 24 Juni 2012

Peran Sektor Luar Negeri Pada Perekonomian Indonesia


Perdagangan Antar Negara
Beberapa alasan mengapa suatu Negara memerlukan Negara lain dalam kehidupan ekonominya antara lain:
  • Tidak semua kebuthan masyarakatnya dapat dipenuhi oleh komoditi yang dihasilkan di dalam negeri, sehingga untuk memnuhi kebuthan tersebut, harus dilakukan impor dari Negara yang memproduksinya
  • Karena terbatasnya konsumen, tidak semua hasil produksi dapat dipasarkan di dalam negeri, sehingga perlu dicari pasar luar di luar negeri
  • Sebagai sarana untuk melakukan proses alih teknologi. Dengan membeli produk asing suatu Negara dapat mempelajari bagaimana produk tersebut dibuat dan dipasarkan, sehingga dalam jangka panjang dapat melakyukan produksi untuk barang yang sama.
  • Secara ekonomis dan matematis perdagangan antar Negara dapat mendatangkan tambahan keuntungan dan efisiensi dari dilakukannya tindakan spesialisi produksi dari Negara-negara yang memilki keuntungan mutlak dan/ atau keuntungan berbanding.


Kebijaksanaan perdagangan luar negeri dari PELITA ke PELITA:

Pelita I
Menurut peraturan pemerintah no.16 tahun 1970 kebijakan pemerintah tentang perekonomian membicarakan tentang penyempurnaan tata niaga ekspor dan impor. Peraturan pemerintah pada bulan agustus 1971 membahas tentang devaluasi rupiah terhadap dollar amerika dengan memfokuskan pada beberapa sasaran, yakni kestabilan harga pokok, peningkatan nilai ekspor, kelancaran impor, penyebaran barang di dalam negeri.

Pelita II
Kebijakan yang dilakukan pemerintah pada pelita ini adalah dengan melakukan penghapusan pajak ekspor untuk mempertahankan daya saing di pasar dunia.

Pelita III

Pada pelita ini dititikberatkan pada sektor pertanian menuju swasembada pangan dan meningkatkan industri pengolahan bahan baku menjadi barang jadi (manufaktur).

Pelita IV

-          Meningkatkan ekspor non migas dan pengurangan biaya tinggi dengan pemberantasan pungli, mempermudah prosedur kepabeanan, serta menghapus dan memberantas biaya siluman.
-          Deregulasi bidang perdagangan, moneter, dan penanaman modal dengan cara menurunkan bea masuk impor untuk komoditi bahan penolong dan bahan baku, proteksi produksi yang lebih efisien, dan kebijakan penanaman modal
-          Peningkatan efisiensi, inovasi, dan produktivitas beberapa sektor industri (menengah ke atas) guna meningkatkan ekspor non migas

Pelita V

Menitikberatkan sektor pertanian dan industri untuk menetapkan swasembada pangan dan meningkatkan produksi hasil pertanian lainnya.

Pelita VI
Pada sat ini masih diitik beratkan pada pembangunan sektor ekonomi yang berkaitan dengan industri dan pertanian serta pembangunan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Pelita VII

Pada masa ini pemerintah lebih menitikberatkan pada sektor bidang ekonomi. Pembangunan ekonomi ini berkaitan dengan industri dan pertanian serta pembangunan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia sebagai pendukungnya.

Hambatan perdagangan antar Negara

Hambatan perdagangan antar negara adalah regulasi atau peraturan pemerintah yang
membatasi perdagangan bebas.
Berikut ini adalah bentuk-bentuk dari hambatan perdagangan antarnegara:
  • Tarif atau Bea Cukai
  • Kuota
  • Subsidi
  • Muatan Lokal
  • Peraturan Administrasi
  • Peraturan Antidumping



Neraca Pembayaran Luar Negeri Indonesia

Situasi neraca pembayaran selama empat tahun pelaksanaan Repelita V secara umum tetap terkendali dalam batas-batas yang wajar. Perkembangan neraca pembayaran tersebut sangat dipengaruhi oleh perkembangan ekspor, impor dan arus modal luar negeri. Sejak tahun 1988/89 sampai dengan tahun keempat Repelita V nilai ekspor secara keseluruhan meningkat rata-rata sebesar 15,5% per tahun, dari US$ 19,8 miliar pada tahun 1988/89 menjadi US$ 35,3 miliar pada tahun 1992/93 (lihat Tabel V-1). Peningkatan pertumbuhan ini terutama berasal dari laju pertumbuhan ekspor non migas yang meningkat rata-rata 19,5% per tahun sehingga mencapai US$ 24,8 miliar pada tahun 1992/93. Namun peningkatan laju pertumbuhan ekspor non migas yang pesat ini tidak dibarengi dengan laju pertumbuhan ekspor minyak bumi dan gas alam cair. Selama kurun waktu tersebut, ekspor minyak bumi dan gas alam cair masing-masing hanya meningkat rata-rata sebesar 6,2% dan 11,8% per tahun, atau masing-masing menjadi sebesar US$ 6,4 miliar dan US$ 4,1 miliar pada tahun 1992/93.

Sementara itu, peranan ekspor non migas dalam nilai ekspor keseluruhan semakin mantap sehingga semakin mampu berperan sebagai sumber penerimaan devisa utama. Dalam tiga tahun terakhir ini, peranan ekspor non migas dalam nilai ekspor keseluruhan terus meningkat dari 54,6% pada tahun 1990/91 menjadi 64,0% pada tahun 1991/92 dan menjadi 70,3 % pada tahun 1992/93

Peranan kurs valuta asing dalam perekonomian Indonesia

Dalam pembayaran antar negara ada suatu kekhususan yang tidak terdapat dalam lalu-lintas pembayaran luar negeri. Sebab semua negara mempunyai mata uang atau valutanya sendiri, yang berlaku sebagai alat pembayaran yang sah di dalam batas-batas daerah kekuasaan itu sendiri, tetapi belum tentu mau diterima luar negeri. Jadi pembayaran antar negara harus menyangkut lebih dari satu macam mata uang, yang harus dipertukarkan satu sama lain dengan harga atau kurs tertentu. Hal inilah yang membuat perdagangan dan pembayaran internasional menjadi perkara yang rumit, maka dari itu dibuatlah alat pembayaran yang bisa digunakan oleh banyak negara (antarnegara) atau disebut dengan alat pembayaran internasional, yakni valuta asing.
Kurs valuta asing sering diartikan sebagai banyaknya nilai mata uang suatu negara (rupiah misalnya) yang harus dikeluarkan/ dikorbankan untuk mendapatkan satu unit nilai uang asing (dollar misalnya). Sehingga dengan kata lain, jika kita gunakan contoh rupiah dan dollar, maka kurs valuta asing adalah nilai tukar yang menggambarkan banyaknya rupiah yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan satu unit dollar dalam kurun waktu tertentu. Kurs valuta asing adalah harga valuta asing, dinyatakan dalam valuta sendiri. Misalnya US $ 1.00 = Rp. 10.000,-


Sumber:

Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara ( APBN )


APBN merupakan suatu konsep  perencanaan pembangunan Negara dalam jangka pendek yang biasanya disusun setiap tahunnya. APBN terdiri dari pos-pos, antara lain:

  • Dari sisi penerimaan terdiri dari pos penerimaan dalam negeri dan pos penerimaan pembangunan
  • Sedangkan dari sisi pengeluaran terdiri dari pos pengeluaran rutin dan pos pengeluaran pembangunan


APBN itu sendiri disusun agar pengalokasian dana pembangunan dapat berjalan sesuai dengan prinsip berimbang dan dinamis. Meskipun dari setiap periode pembangunan PELITA jumlah tabungan pemerintah selalu mengalami peningkatan, namun jumlah tersebut masih jauh dari apa yang diharapkan. Untuk itu ketergantungan pemerintah terhadap pinjaman luar negeri untuk dana pembangunan masih cukup besar. Namun pada akhir tahun PELITA I presentase penerimaan pemerintah lebih besar dibandingkan pinjaman luar negeri.

Proses penyusunan anggaran:
1. Penyusunan oleh Departemen atau lembaga pemerintah non Departemen sudah dimulai tanggal 1 April tahun yang bersangkutan. Oleh keduanya usulan rencana anggran diajukan dalam bentuk Daftar Usulan kegitana (DUK) bagi rencana rutin dan Daftar Usulan proyek (DUP) untuk rencana pembangunan
2. Kemudian antara bulan agustus dan September DUK dan DUP tersebut diajukan dan disampaikan ke BAPPENAS dan Ditjen Anggaran Departemen Keuangan. Selanjutnya DUP dan DUK tersebut akan diproses oleh BAPPENAS sekitar bulan Oktober hingga November.
3. Pada proses tersebut BAPPENAS akan menyesuaikan isi DUK dan DUP dengan perkiraan penerimaan dalam negeri pada tahun yang bersangkutan. Pada bulan Desember, akan ditentukan batas atas anggaran dalam bentuk RAPBN (Rencana Anggaran Pendapatan dan belanja Negara)
4. Pada Januari, setelah RAPBN dilampiri ketergantugan dari pmerintah dengan nota keuangan, akan disampaikan oleh Presiden dalam rapat DPR untuk mendapatkan persetujuan.
5. RAPBN akan dibahas oleh DPR bersama Menteri atau ketua Lembaga yang bersangkutan melalui Rapat Kerja Komisi APBN
6. Jika dicapai suatu kesepakatan, maka RAPBN tahun yang bersangkutan, persetujuannya akan dituangkan ke dalam Undang –Undang tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara tahun yang bersangkutan
7. Selanjutnya anggaran tersebut akan dituangkan kembali dalam bentuk Daftar Isian proyek (DIP) Departemen atau lembaga yang bersangkutan.

Perkiraan Penerimaan Negara
Perkiraan penerimaan Negara berasal dari;
a. Penerimaan dalam negeri
Penerimaan dalam negeri untuk tahun tahun awal setelah masa orde baru masih cukup bergantung dari ekspor minyak bumi dan gas alam. Namun harga minyak bumi dan gas alam yang cenderung tidak stabil, maka ketergantungan dari sektor tersebut dikurangi. Untuk itu pemerintah menempuh berbagai kebijaksanaan seperti deregulasi pada bidang perbankan, perpajakan, dan kebijaksanaan lainnya yang dapat menciptakan iklim usaha yang lebih baik.
b. Penerimaan pembangunan
Laju pembangunan yang demikian cepat maka dana yang berasal dari tabungan pemerintah masih perlu dilengkapi dengan dana yang berasal dari luar negeri. Meskipun pinjaman dana dari luar negeri selalu meningkat jumlahnya namun selalu diupayakan suatu mekanisme pemanfaatan dengan prioritas sektor-sektor yang lebih produktif.

Perkiraan Pengeluaran
Pengeluaran Negara dikelompokkan menjadi:
a. Pengeluaran Rutin, diantaranya pengeluaran untuk belanja pegawai, pengeluaran untuk belanja barang, pengeluaran untuk subsidi daerah otonom, pengeluaran untuk membayar cicilan bunga dan hutang, dan pengeluaran lainnya.
b. Pengeluaran Pembangunan, antara lain pengeluaran pembangunan untuk berbagai Departemen/lembaga, pengeluaran pembangunan untuk anggaran pembangunan daerah, dan pengeluaran pembangunan lainnya.

Dasar Perhitungan Perkiraan Penerimaan Negara
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memperoleh hasil perkiraan penerimaan Negara, diantaranya:
1. Penerimaan dalam negeri dari migas
Faktor faktor yang harus diperhatikan yaitu produksi minyak rata rata per hari dan harga rata-rata ekspor minyak mentah
2. Penerimaan luar negeri dari migas
Faktor yang harus diperhatikan antara lain pajak penghasilan, pajak pertambahan nilai, bea masuk, cukai, pajak ekspor, pajak bumi dan bangunan, bea materai, penerimaan bukan pajak, penerimaan dari hasil penjualan BBM, dan pajak-pajak lainnya.
3. Penerimaan pembangunan
Terdiri dari penerimaan bantuan program dan bantuan proyek.

Masalah Pokok Perekonomian Indonesia


Menurut Dumairy, pengangguran adalah orang yang tidak mempunyai pekerjaan, lengkapnya adalah orang yang tidak bekerja dan (masih atau sedang) mencari pekerjaan.
Jenis-jenis pengangguran diantaranya adalah:
1. Pengangguran Friksionil, yaitu pengangguran yang terjadi karena memilih menganggur sambil menunggu pekerjaan yang lebih baik, yang memberikan fasilitas dan keadaan yang lebih baik.
2. Pengangguran Struktural, yaitu pengangguran yang terjadi karena seseorang diberhentikan perusahaan dengan alas an karena perusahaan tersebut mengalami kemunduran dalam hal usahanya sehingga terpaksa mengurangi tenaga kerja.
3. Pengangguran Teknologi Pegawai, yaitu pengangguran yang terjadi karena mulai digunakan teknologi untuk menggantikan pekerjaan manusia.
4. Pengangguran siklikal, yaitu pengangguran yang terjadi karena adanya pengurangan tenaga kerja secara menyeluruh
5. Pengangguran Musiman, yaitu pengangguran yang terjadinya dipengaruhi oleh musim
6. Pengangguran Tidak Kentara, yaitu pengangguran yang secara fisik rtidak kelihatan, namun secara ekonomi dapat dibuktikan bahwa seseorang tersebut sesungguhnya menganggur
7. Pengangguran Setengah Menganggur, yaitu mereka yang bekerja dengan jam kerja dibawah rata-rata jam kerja normal.

INFLASI

Inflasi adalah suatu kecenderungan naiknya harga-harga secara umum dalam waktu dan wilayah tertentu. Inflasi yang tinggi dapat menyebabkan komoditi eksport kita kurang bersaing di pasaran dunia. Inflasi dapat dibagi menurut:
1. Jika dilihat dari besar kecilnya


  •  Inflasi ringan jika nilainya berkisar antara 0%-10%
  • Inflasi sedang jika nilainya berkisar antara 10%-30%
  • Inflasi berat jika nilainya berkisar antara 30%-100%
  •  Hyperinflasi jika nilainya lebih dari 100%
2. Jika dilihat dari sebab-sebab kemunculannya
·     Inflasi karena naiknya permintaan, yaitu inflais yang terjadi karena naiknya jumlah permintaan secara umum yang menyebabkan harga secara umum pun akan cenderung naik. Inflasi karena naiknya biaya produksi, yaitu inflasi yang terjadi karena naiknya biaya produksi seperti upah tenaga kerja, bahan baku, dan lain-lain
3. Jika dilihat dari asalnya
Inflasi yang berasal dari dalam negeri, yaitu inflasi yang terjadi karena peristiwa-peristiwa yang terjadi di dalam negeri seperti misalnya peredaran uang di dalam negeri. Inflasi yang berasal dari luar negeri, yaitu inflasi yang terjadi karena peristiwa-peristiwa yang terjadi di luar Negara kita yang seringkali merembet ke Negara kita.

Dampak positif inflasi antara lain:
·         Inflasi yang terkendali menggambarkan adanya aktivitas ekonomi di dalam suatu Negara
·         Merangsang masyarakat untuk terus bekerja keras demi mencapai suatu kesejahteraan.

Dampak Negatif dari inflasi antara lain:
·         Menurunkan pendapatan riil masyarakat yang memiliki penghasilan tetap
·         Turunnya kekayaan riil masyarakat yang berbentuk kas, karena nilai tukarnya akan menjadi lebih kecil
·         Menyebabkan nilai tabungan masyarakat menurun
·         Menyebabkan laju pertumbuhan ekonomi terhambat.


Sabtu, 23 Juni 2012

Investasi dan Penanaman Modal


Investasi adalah penanaman modal untuk satu atau lebih aktiva yang dimiliki dan biasanya berjangka waktu lama dengan harapan mendapatkan keuntungan di masa-masa yang akan datang. Banyak faktor tang mempengaruhi tingkat investasi dalam perekonomian suatu Negara, beberapa diantaranya adalah:
  •  Prospek ekonomi di masa yang akan datang.
  • Keuntungan yang dicapai perusahaan
  • Perubahan dan perkembangan teknologi
  • Kestabilan perekonomian Negara
  • Tingkat suku bunga



Peranan Modal dalam Meningkatkan PNB (Pendapatan Nasional Bruto)

Penanaman modal atau investasi berperan dan berpengaruh pada proses pembangunan dan pendapatan negara. Semakin tinggi investasi yang akan kita berikan maka semakin meningkat pula pendapatan nasional. Kedudukan Penanaman modal dalam negri yang terpenting adalah pendapatan nasiona, karena dapat memanfaatkan kekayaan yang dimiliki oleh pihak dari negara tersebut. Dapat juga bekerjasama dengan negara-negara satu sama lainagar dapat memperoleh keuntungan yang lebih besar, dengan menanamkan modal pada negara yang bekerja sama dengan negara tersebut. Keuntungan dari hasil penanaman modal dipergunakan untuk meningkatkan pendapatan nasional suatu negara. Perkembangan penanaman modal dalam negri akan berkembang dan tumbuh menjadi lebih baik. Jika suatu negara dapat memanfaatkan kekayaan alam yang mereka miliki dengan melakukan suatu bidang usaha yang dapat meningkatkan pendapatan nasional suatu negara dengan cara penggabungan semua faktor-faktor produksi. Prospek penanaman modal  dalam negri sebenernya bila pemerintah dan bagian-bagian yang mengurusi tersebut dapat mengelolanya akan lebih baik dan berkembang penanaman modal domestik dibandingkan penanaman modal asing.

Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN)

Investasi melalui penanaman modal dalam negeri di Indonesia telah diatur di dalam Undang-undang No. 6 tahun 1968 dengan member persetujuan kepada berbagai mavcam proyek yang tersebar di berbagai sektor di wilayah Indonesia.
Peranan modal dalam negeri sangat penting bagi pertumbuhan ekonomi Negara. Melihat perekonomian Indonesia masih rendah akibat krisis yang melanda membuat pemerintah terdorong untuk mencari sumber-sumber pembiayaan pembangunan baik yang berasal dari dalam maupun dari luar negeri. Kedudukan penanaman modal dalam negeri yang terpenting adalah pendapatan nasional karena dapat memanfaatkan kekayaan yang dimiliki oleh pihak Negara.

Fungsi Modal Dalam Negeri

Fungsi modal dalam negeri antara lain:
  • Pengumpulan, dan pengelolaan data berbentuk data base serta analisis data untuk menyusun program kegiatan
  • Perencanaan strategis pada Kantor Penanaman Modal
  • Perumusan kebijakan teknis bidang penanaman modal
  •  Penyelenggaraan urusan pemerintahan dan pelayanan umum di bidang penanaman modal
  •  Pelaksanaan, pengawasan, pengendalian serta evaluasi dan pelaporan penyelenggaraan bidang penanaman modal
  •  Penyelenggaraan urusan kesekretariatan pada Kantor Penanaman Modal
  • Penyelenggaraan program Penanaman Modal
  • Perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan pengendalian penyelenggaraan penanaman modal
  • Penyusunan skala prioritas ketatausahaan penanaman modal dan investasi
  • Pengelolaan data dan informasi serta evaluasi kegiatan penanaman modal
  • Pelaksanaan fasilitasi kerjasama dengan investor baik dari luar negeri maupun dalam negeri yang ingin menanamkan modalnya
  • Pelaksanaan koordinasi antar instansi terkait, lembaga kemasyarakatan yang ada kaitannya dengan pelaksanaan penanaman modal
  • Pelaksanaan penilaian permohonan PMDN dan PMA dan pemberian rekomendasi persetujuan penanaman modal
  • Pemberian izin usaha dan non perizinan pada kegiatan penanaman modal yang menjadi kewenangan Daerah
  • Pemberian fasilitas PMDN dan PMA.


Perkembangan dan peranan Penanaman Modal Dalam Negeri

Perkembangan modal dalam negeri belum berkembang padahal kekayaan alam yang dimiliki begitu melimpah tetapi tidak dimanfaatkan dengan baik. Padahal, dengan memanfaaatkan kekayaan alam pemerintah dapat melakukan suatu bidang usaha atau semacamnya yang dapat meningkatkan pendapatan nasional dengan cara penggabungan faktor-faktor produksi. Namun sayangnya, pada kenyataannya pemerintah lebih banyak menggunakan modal asing. Penanaman modal dalam negeri memberikan peranan dalam pembangunan ekonomi di negara-negara sedang berkembang, hal ini terjadi dalam berbagai bentuk. Modal Investasi mampu mengurangi kekurangan tabungan dan melalui pemasukan peralatan modal dan bahan mentah, dengan demikian menaikkan laju pemasukan modal. Selain itu tabungan dan investasi yang rendah mencerminkan kurangnya modal di negara keterbelakangan teknologi. Bersamaan dengan modal uang dan modal fisik, modal Investasi yang membawa serta keterampilan teknik, tenaga ahli, pengalaman organisasi, informasi pasar, teknik-tekink produksi maju, pembaharuan produk dan lain-lain. Selain itu juga melatih tenaga kerja setempat pada keahlian baru. Semua ini pada akhirnya akan mempercepat pembangunan ekonomi Negara terbelakang.

Penanaman Modal Asing (PMA)

Modal asing merupakan salah satu sumber yang menjadi sasaran pemerintah untuk membantu proses pertumbuhan ekonomi di Indonesia dan juga merupakan kekayaan devisa Negara. Modal asing juga sebagai pengisi kesenjangan antara persediaan tabungan devisa, penerimaan pemerintah, keterampilan manajerial serta untuk mencapai pertumbuhan.
Secara garis besar, penanaman modal asing terhadap pembangunan bagi negara sedang berkembang dapat diperinci menjadi:
  • Sumber dana eksternal (modal asing) dapat dimanfaatkan oleh negara sedang berkembang sebagai dasar untuk mempercepat investasi dan pertumbuhan ekonomi
  • Pertumbuhan ekonomi yang meningkat perlu diikuti dengan perpindahan struktur produksi dan perdagangan
  • Modal asing dapat berperan penting dalam memobilisasi dana maupun transformasi structural
  • Kebutuhan akan modal asing menjadi menurun segera setelah perubahan struktural benar-benar terjadi meskipun modal asing di masa selanjutnya lebih produkti
  • Bagi negara-negara sedang berkembang yang tidak mampu memulai membangun industri-industri berat dan industri strategis, adanya modal asing akan sangat membantu untuk dapat mendirikan pabrik-pabik baja, alat-alat mesin, pabrik elektronik, industri kimia dasar dan sebagainya.


Berbagai penelitian- penelitian bahwa arus bersih modal asing yang masuk  ke Indonesia, baik yang berupa modal asing dan hutang luar negri. Setelah semuanya diperhitungan, maka menunjukkan nilai komulatifnegatif, bahkan modal asing ini cenderung berdampak crowding out terhadap tabungan domestik. Dari penelitian-penelitian tersebut juga menemukan bahwa sebenarnya tabungan domestik lebih penting peranannya daripada modal asing, baik secara kuantitatif maupun statistik dalam menentukan pertumbuhan ekonomi. Namun penanaman modal asingbila dikelola dan dikontrol dengan baik oleh pemerintah, idealnya modal asing dapat menunjang industrialisasi, membangun modal motherhead ekonomi dan dapat menciptakan kesempatan kerja yang lebih luas. Dan tentang Isu-Isu PMA (Penanaman Modal Asing)  yang masuk di Indonesia itu benar terjadi atau memang benar adanya. Puncaknya pada periode 80-an dan bahkan telah mengalami akselerasi sejak tahun 1994.



Kebijaksanaan Pemerintah

1.  Kebijaksanaan selama periode 1966-1969

Kebijaksanaan pemerintah pada periode ini lebih diarahkan kepada proses perbaikan dan pembersihan pada semua sektor dari unsur-unsur peninggalan pemerintah Orde Lama, terutama dari paham komunis.  Pada masa ini juga diisi dengan kebijaksanaan pemerintah dalam mengupayakan penurunan tingkat inflasi dari +/- 650% menjadi  +/- 10%.

2. Periode Pelita 1

Kebijaksanaan pada periode ini dimulai dengan:
  •  Peraturan Pemerintah No.16 Tahun1970, mengenai penyempurnaan tata niaga bidang eksport dan import. 
  •  Peraturan Agustus 1971, mengenai devaluasi mata uang rupiah terhadap dolar, dengan sasaran pokoknya yaitu;

Ø  Kestabilan haga bahan pokok
Ø  Peningkatan nilai ekspor
Ø  Kelancaran impor
Ø  Penyebaran barang di dalam negeri

3. Periode Pelita II

Pada periode ini diisi denga kebijaksanaan mengenai perkreditan untuk mendorong para eksportir kecil dan menengah disamping untuk mendorong kemajuan pengusaha kecil/ekonomi lemah dengan produk Kredit Investasi Kecil (KIK)

4. Periode Pelita III

Periode ini diwarnai dengan devisitnya neraca perdagangan Indonesia, yang disebabkan karena diterapkannya tindakan proteksi dua kuota oleh negara-negara pasaran komoditi ekspor Indonesia.adapun kebijaksanaan-kebijaksanaan pemerintah yang sempat dikeluarkan dalam periode ini adalah:
Ø  Paket Januari 1982
Ø  Paket kebijaksanaan imbal beli
Ø  Kebijaksanaan Devaluasi 1983

5. Periode Pelita IV

Beberapa kebijaksanaan pemerintah yang lahir dalam periode ini adalah:

·         Kebijaksanaan INPRES No.4 Tahun 1985, kebijaksanaan ini dilatar belakangi oleh keinginan untuk meningkatkan ekspor non-migas.
·         Paket kebijaksanaan 6 Mei 1968 (PAKEM), bertujuan untuk mendorong sektor swasta di bidang ekspor maupun di bidang penanaman modal.
·         Paket devaluasi 1986, tindakan ini ditempuh karna jatuhnya harga minyak di pasaran dunia yang mengakibatkan penerimaan pemerintah turun.
·         Paket kebijaksanaan 25 Oktober 1986, merupakan deregulasi di bidang perdagangan, moneter, dan penanaman modal.
·         Paket kebijaksanaan 15 Januari 1987, dengan melakukan peningkatan efisiensi, inovasi, dan produktivitas beberapa sektor industri (menengah ke atas) dalam rangka meningkatkan ekspor migas.
·         Paket kebijaksanaan 24 Desember 1987 (PAKDES),  dengan melakukan restrukturisasi bidng ekonomi , terutama dalam usaha memperancar perijinan (deregulasi)
·         Paket 27 Oktober 1988, kebijaksanaan deregulasi untuk menggairahkan pasar odal dan untuk menghimpun dana masyarakat guna biaya pembangunan.
·         Paket kebijaksanaan 21 November 1988 (PAKNOV), dengan melakukan deregulasi dan debirokratisasi di bidang perdagangan dan hubungan laut.
·         Paket kebijaksanaan 20 Desember 1988 (PAKDES) kebijaksanaan di bidang keuangan dengan memberikan keluasan bagi pasar modal dan perangkatnya untuk melakukan aktivitas yang lebih produktif.


6. Pelita V

Pada periode ini, lebih diarahkan kepada pengawasan, pengendalian, dan upaya kondusif guna mempersiapkan proses tinggal landas menuju rencana Pembangunan Jangka Panjang Tahap kedua.

Kebijaksanaan Moneter

Kebijaksanaan moneter adalah sekumpulan tindakan Pemerintah di dalam mengatur perekonomian melalui peresaran uang dan tingkat suku bunga.  Di dalam perekonomian indoneia, kebijakan moneter ini dijalankan oleh pemerintah melalui lembaga keuangan yang disebut dengan bank Indonesia.

Kebijakan Fiskal
               
Kebiajkan fiskal adalah suatu tindakan pemerintah di dalam mengatur perekonomian melalui anggaran belanja negara dan biasanya dikaitkan dengan masalah perpajakan.

Kebijaksanaan Moneter dan Fiskal di sektor luar negeri
  • Kebijaksanaan menekan pengeluaran


Kebijaksanaan ini dilakukan dengan cara mengurangi tingkat konsumsi/ pengeluaran yang dilakukan oleh para pelaku ekonomi di indonesia.  Misalnya, menaikkan pajak pendapatan dan mengurangi pengeluaran pemerintah.

  • Kebijakan memindah pengeluaran


Kebijaksanaan ini dilakukan dengan cara memindah dan menggeser pada bidang yang tidak terlalu beresiko memperburuk perekonomian Indonesia. Kebijaksanaan ini dapat dilakukan scara paksa dan dapat juga dipergunakan dengan memakai rangsangan. Secara paksa kebijaksanaan ini ditempuh dengan cara mengenakan tarif atau quota dan mengawasi pemakaian valuta asing. Sedangkan kebijaksanaan dengan rangsangan dapat ditempuh dengan cara menciptakan rangsangan-rangsangan ekspor, menyetabilkan upah dan harga di dalam negeri, dan melakukan devaluasi.

sumber referensi:
http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/perekonomian_indonesia/bab7-kebijaksanaan_pemerintah.pdf