Jumat, 12 Juli 2013

Cara menghilangkan Bekas Luka Secara Alami

Terkadang bagi sebagaian orang memiliki bekas luka di tubuh membuat rasa percaya diri menurun. Apalagi bagi para wanita, bekas luka dapat mengurangi kecantikan mereka. Apagi jika bekas luka tersebut berada di tangan, betis, paha, atau wajah. Tidak heran jika banyak orang yang melakukan berbagai cara untuk menghilangkan bekas lukanya, dari mulai menggunakan lotion hingga menggunakan krim-krim khusus penghilang bekas luka dari yang harganya rendah hingga luar biasa.

Menghilangkan bekas luka bukanlah hal yang mudah. Jika bekas luka tersebut tidak dirawat dengan benar maka luka tersebut bisa jadi tidak akan pernah hilang selamanya atau luka tersebut dapat menjadi keloid.
Tahukah kalian, jika ternyata ada cara alami untuk menghilangkan bekas luka pada tubuh. Berikut silahkan disimak.

1. Madu

Cairan kental yang dihasilkan lebah ini memang banyak digunakan sebagai obat atau sekedar sebagai pelengkap ramuan pencegah penyakit. Madu dapat merangsang regenerasi sel, mendinginkan, mengurangi nyeri dan menghilangkan bekas luka. Sebaiknya madu yang dikonsumsi adalah madu yang alami, bukan madu kemasan. Cara menggunakan madu sebagai penghilang bekas luka cukuplah dengan mengoleskannya secara merata pada bagian luka, kemudian biarkan sampai kurang lebih 30 menit. Setelah itu, bilaslah dengan air hangat. Lakukanlah hal ini beberapa kali sehari secara rutin.

2. Lidah buaya


Lidah buaya mengandung lignin dan asam amino. Zat-zat tersebut  dapat melembabkan kulit dan meregenerasi sel kulit.  Lidah buaya juga memiliki anti-radang yang dapat mengurangi radang pada kulit dan menghilangkan bekas luka. Cara penggunaannya cukuplah mudah, oleskan saja lendir lidah buaya pada bekas luka secara rutin.

3. Mengkudu


Mendengar nama buah yang satu ini pasti kita langsung teringat dengan aroma buahnya yang khas, dan bagi saya tidak sedap. Selain digunakan untuk mengatasi darah tinggi, mengkudu juga dignakan untuk menghilangkan bekas luka. Hal ini karena mengkudu memeiliki senyawa scopoletin. Senyawa ini  sangat efektif sebagai zat anti-radang. Cara penggunaannya cukup dengan jus beberapa buah mengkudu, kemudian basahkan handuk kecil dengan jus tersebut. Kemudian kompres bekas luka menggunakan handuk tersebut dan diamkan beberapa saat hingga mengering.  Kemudian, bilas dengan air hangat. Lakukan secara rutin sehari 2-3 kali.


Nah, itulah tadi beberapa cara alami menghilangkan bekas luka. Kamu dapat mencobanya sebagai alternatif, ladies :)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar