Kamis, 31 Mei 2012

PETA PEREKONOMIAN INDONESIA

KEADAAN GEOGRAFIS INDONESIA  

Indonesia merupakan Negara kepulauan yang terletak di kawasan Asia Tenggara. Indonesia memiiki kurang lebih 17.000 buah pulau dengan luas daratan 1.922.570 km2 dan luas perairan 3.257.483 km2.  Pulau-pulau yang terdapat di Indonesia antara lain Jawa, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, dan Irian jaya. Indonesia mempunyai iklim tropik basah yang dipengaruhi oleh angin monsun barat dan monsun timur.. Suhu udara di daratan rendah Indonesia berkisar antara 23 derajat sampai 28 derajat celsius sepanjang tahun. Ada 2 musim di Indonesia, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Pada beberapa tempat dikenal musim pancaroba, yaitu musim diantara perubahan kedua musin tersebut. Indonesia juga memiliki kekayaan alam berbagai sumber pertambangan yang amat berharga, seperti aspal alam (Sulawesi Tenggara), batu bara (SUMSEL danSUMBAR), bauksit (Riau), Nikel (SULSEL dan Maluku), Timah (SUMSEL dan Riau), mangan (JABAR), tembaga (Irian), pasir besi (JATENG), dan juga emas dan perak (JABAR).



MATA PENCAHARIAN

Indonesia merupakan Negara agraris dimana sebagian besar penduduknya tinggal di daerah pedesaan daripada di perkotaan. Masyarakat agraris mengandalkan sektor pertanian sebagai mata pencaharian utama mereka. Hal ini dapat dibuktikan, dalam keseluruhan Produk Domestik Bruto (PDB) sektor pertanian yang memegang peranan utama disbanding yang lainnya.



SUMBER DAYA MANUSIA

Jumlah penduduk Indonesia mencapai 220 juta jiwa dengan laju pertumbuhan rata-rata 2,3% per tahunnya. Laju pertumbuhan penduduk sangat mempengaruhi perekonomian suatu Negara apabila tidak diimbangi dengan pertumbuhan laju perekonomian. Karena laju pertumbuhan akan mempengaruhi pendapatan yang diterima per kapita. Penyebaran penduduk yang tidak merata di sebagian wilayah Indonesai pun menjadi masalah dalam pertumbuhan perekonomian. Sistem pendidikan di Indonesia masih bersifat umum, belum disesuaikan dengan kebutuhan pembangunan yaitu sistem pendidikan yang mengandalkan keterampilan, mutu, dan efisiensi kerja.



INVESTASI

Investasi merupakan salah satu factor yang emmepengauhi pertumbuhan perekonomian suatu Negara. Beberapa factor yang memepengaruhi investasi antara lain:

·         Tingkat pengembalian yang di harapkan (excepted rate of return)

·         Biaya investasi

·         Ramalan mengenai keadaan ekonomi di masa yang akan datang.

Upaya untuk memenuhi kebutuhan dana investasi dalam perekonomian adalah:

·         Lebih mengembangkan ekspor komoditi non migas

·         Mengusahakan adanya pinjaman luar negeri dengan syarat lunak

·         Menciptakan iklim investasi yang menarik dan aman bagi para penanam modal asing

·         Lebih mengusahakan dan menyempurnakan sistem perpajakan dan perkreditan bagi golongan ekonomi melemah.



Sumber:



Tidak ada komentar :

Posting Komentar