Senin, 24 Juni 2013

Khasiat Daun Lidah Mertua






Apa itu lidah mertua? Jenis tanaman apakah itu? Bagaimana bentuknya? Dan segelintir pertanyaan lain menyeruak di kepala saya ketika menengar nama ini. Maklum saja karena baru pertama kali saya mendengar nama tanaman ini.

Tapi, ternyata tanaman lidah mertua sangat popular di kalangan tanaman hias. Yaa, karena tak lain ia merupakan salah satu spesies tanaman yang masuk kategori sebagai tanaman hias. Mungkin diantara kalian ada yang sudah tidak asing dengan nama ini atau justru telah memilih tanaman ini sebagai tanaman penghias rumah.

Sansevieria atau yang lebih dikenal dengan nama lidah mertua adalah marga tanaman digunakan sebagai penghias bagian dalam rumah karena tanaman ini dapat tumbuh dalam kondisi yang sedikit air dan cahaya matahari. Sansevieria memiliki daun keras, sukulen, tegak, dengan ujung meruncing. Karena bentuknya yang tajam, maka sanseviera disebut sebagai lidah mertua.

Dibanding tumbuhan lain, Sanseviera memiliki keistimewaan menyerap bahan beracun, seperti karbondioksida, benzene, formaldehyde, dan trichloroethylene.
Sansevieria dibagi menjadi dua jenis, yaitu jenis yang tumbuh memanjang ke atas dengan ukuran 50-75 cm dan jenis berdaun pendek melingkar dalam bentuk roset dengan panjang 8 cm dan lebar 3-6 cm. Kelompok panjang memiliki daun meruncing seperti mata pedang, dan karena ini ada yang menyebut Sansevieria sebagai tanaman pedang-pedangan.

Tumbuhan ini berdaun tebal dan memiliki kandungan air sukulen, sehingga tahan kekeringan. Namun dalam kondisi lembap atau basah, sansiviera bisa tumbuh subur. Warna daun Sansevieria beragam, mulai hijau tua, hijau muda, hijau abu-abu, perak, dan warna kombinasi putih kuning atau hijau kuning. Motif alur atau garis-garis yang terdapat pada helai daun juga bervariasi, ada yang mengikuti arah serat daun, tidak beraturan, dan ada juga yang zig-zag. Keistimewaan lidah mertua adalah memiliki daya adaptasi yang tinggi terhadap lingkungan.

Tahukah kalian?

Sanseviera kini tidak hanya dikenal sebagai tanaman hias saja, tetapi juga dikenal karena beragam manfaatnya dalam penyembuhan penyakit. Padapembahasan kali ini, saya fokuskan untuk membahas fungsi dari bagia daun tanaman sanseviera atau lidah mertua. Berikut ini saya akan membahas bagaimana memanfaatkan daun tanaman lidah mertua untuk mengobati beberapa penyakit.

1. Untuk mengobati gatal-gatal:

1.) Ambil beberapa helai daun lidah mertua, kemudian cuci hingga bersih
2.) Tumbuk dau tersebut hingga halus dan mengeluarkan lendir
3.) Ambil lendir tersebut, dan oleskan pada bagian yang gatal

Untuk pemakaian pertama kali, kulit akan terasa panas.

2. Untuk mengobati luka:

1.) Siapkan satu helai dan lidah mertua, kemudian cuci hingga bersih
2.) Tumbuk daun tersebut hingga halus
3.) Bubuhkan tumbukan tadi diatas luka

3. Untuk mengobati darah tingi:

1.) Siapkan dua helai daun lidah mertua, potong menjadi beberapa bagian, kemudian cuci hingga bersih
2.) Setelah itu rebus potongan daun terseut dengan 2 gelas air bersih sampai mendidih. Jadikan air rebusan tersebut untuk 3 kali minum
3.) Kemudian minum ramuan tersebut 3 kali sehari saat pagi, siang, dan malam

4. Untuk mengobati diabetes:

1.) Siapkan beberapa helai daun lida mertua yang telah dicuci bersih
2.) Kemudian potong-potog dan rebus dengan 3 gelas air bersih hingga menjadi segelas air
3.) Kemudian minum ramuan tersebut 2 kali sehari

5. Untuk mengobati ambient

1.) Ambil beberapa helai daun lidah mertua
2.) Potong-potong menjadi beberapa bagian, kemudian cuci hingga bersih
3.) Keringkan daun tersebut minimal satu hari
4.) Rebus daun terseut dengan 2 gelas air bersih hingga menjadi segelas air
5.) Minum ramuan tersebut 2 kali sehari


Itulah beberapa cara memanfaatkan daun lidah mertua menjadi ramuan penawar penyakit. Penyakit tidak hanya sembuh dengan menggunakan obat-obatan kimia tetapi juga dengan obat-obatan alami yang berada di sekeliling kita. Jadi jangan tergantung pada obat-obatan kimia yaaaa. Herbal itu jauh lebih baik. Mari kita hidup sehat!!!


Tidak ada komentar :

Posting Komentar