Minggu, 20 Januari 2013

Ketombe?? Yaaa ampuuuun


Hai bloggy. Pernahkah kalian merasa gatal-gatal di kulit kepala karena ketombe? Ketombe adalah pengelupasan kulit mati di kulit kepala. Hal ini merupakan hal yang wajar. Ketombe memang bukan penyakit kronis yang berbahaya. Tapi masalah umum kulit kepala yang sering ditemui ini sangat mengganggu. Ketombe di kulit kepala membuat kita merasa gatal-gatal dan akan diikuti dengan iritasi pada bagian kulit kepala akibat menggaruk-garuk kulit kepala yang gatal. Kalian tahu tidak apa penyebab ketombe itu? Dalam postingan ini saya akan membahas tentang penyebab ketombe.

1. Jamur
Penyebab nomor pertama adanya ketombe adalah jamur. Jamur berfungsi menyerap minyak yang keluar dari folikel rambut. Tetapi jumlah jamur yang berlebihan pada kulit kepala justru menyebabkan iritasi pada kulit kepala. Iritasi pada kulit kepala ini akan menyebabkan pengelupasan kulit mati secara berlebihan yang kita kenal dengan ketombe. Jadi kadar jamur pada kulit kepala yang berketombe harus dikurangi agar pengelupasan kulit mati terjadi secara normal, tidak berlebihan.

2. Alergi
Nah faktor yang kedua ini bisa disebabkan dari penggunaan bahan-bahan kimia pada rambut. Produk yang kita gunakan pada rambut apabila tidak cocok akan menimbulkan alergi sehingga menyebabkan rambut berketombe. Oleh karena itu kita harus berhati-hati dalam menggunakan produk untuk rambut. Alangkah baiknya apabila sebelum menggunakan produk-produk tertentu kita melakukan tes terlebih dahulu dan segera menghentikan pemakaian apabila terjadi iritasi. Selain itu berganti-ganti merk shampoo juga dapat memicu terjadinya alergi yang akhirnya menyebabkan rambut berketombe.

3. Kulit kering
Kulit yang kering juga dapat menyebabkan kulit kepala berketombe. Untuk kulit kepala yang kering sangat tidak dianjurkan menggunakan hair dryer karena dapat memicu pertumbuhan ketombe.

4. Kelainan kulit
Kelainan kulit seperti psosiaris dapat memperbesar presentase timbulnya ketombe. psoriasis yaitu penyakit kulit yang ditandai kulit bersisik dan berwarna kemerahan disertai rasa gatal dan perih.

Nah sekarang sudah tahu kan apa saja penyebab si ketombe pada kulit kepala itu.  Faktor-faktor di atas lah yang merupakan penyebab terjadinya ketombe pada kulit kepala. Masalah yang dihadapi semua kaum baik wanita maupun laki-laki ini memang sering banyak dijumpai. Untuk mencegah rambut agar tidak berketombe tentunya kita harus rajin merawat rambut serta berkonsultasi dengan dokter atau pakar rambut jika perlu. Tapi saya rasa dengan merawat rambut secara teratur saja sudah cukup. Semoga bermanfaat J J

Tidak ada komentar :

Posting Komentar