Minggu, 13 Januari 2013

Lingkungan butuh perhatian


Haloooooo pembaca J

Seperti yang telah saya jabarkan dalam postingan saya sebelumnya, manusia dan lingkungan memiliki  hubungan yang sangat erat. Manusia sebagai komponen biotik di dalam lingkungan berpengaruh terhadap baik-buruknya suatu lingkungan. Menjaga dan melestarikan lingkungan bukan merupakan tanggung jawab pemerintah tetapi ini merupakan tanggung jawab bersama. Tuhan telah menciptakan alam semesta ini beserta isinya. Sebagai makhluk sudah seharusnya kita mensyukuri pemberian Tuhan dengan cara menjaga dan melestarikannya. Semua orang mendambakan lingkungan yang bersih, nyaman, dan sehat. Hal itu dapat diwujudkan apabila kita bersama-sama melakukan usaha pemeliharaan serta pelestarian lingkungan.
Untuk memelihara dan melestarikan lingkungan memang dibutuhkan kesadaran tiap individu akan pentingnya lingkungan terhadap kehidupan. Rendahnya tingkat kesadaran masyarakat menyebabkan lingkungan kita terabaikan. Masyarakat umumnya mengandalkan satu sama lainnya dalam pemeliharaan lingkungan. Contoh kecilnya di lingkungan tempat tinggal saya. Setiap minggu di lingkungan saya di adakan kerja bakti membersihkan selokan-selokan di sekitar. Setiap rumah diwajibkan setidaknya ada satu orang yang mewakili ikut kerja bakti, apabila tidak ada yang mewakili maka wajib membayar denda.
Tidak jarang dari masyarakat di lingkungan tempat tinggal saya lebih memilih membayar denda daripada ikut kerja bakti bersama masyarakat lainnya. Bayangkan saja apabila semua masyarakat lebih memilih membayar denda, siapa yang akan membersihkan lingkungan kita? Kerja bakti merupakan hal yang sangat positif dalam usaha  pemeliharan lingkungan. Dengan kerja bakti yang dilakukan setiap satu minggu sekali menyebabkan aliran selokan menjadi lancar dan tidak ada sampah yang tersumbat. Dengan demikian lingkungan kita menjadi bersih, terhindar dari penyakit, dan terhindar dari bencana banjir apabila hujan turun.
Miris sekali mengetahui kenyataan tersebut. Kenyataan bahwa angka kepedulian masyarakat terhadap lingkungan sangat rendah. Masyarakat mungkin kurang memahami pentingnya membersihkan lingkungan. Atau mungkin masyarakat menutup mata terhadap lingkungan sekitar. Lingkungan ini butuh perubahan. Lingkungan ini butuh kepedulian masyarakat.
Tanpa lingkungan yang bersih, kita tidak dapat hidup sehat. Tanpa lingkungan yang nyaman, kita tidak dapat hidup dengan nyaman. Kita tidak perlu mengandalkan orang lain untuk membersihkan lingkungan kita sendiri. Kalau kita bisa melakukannya sendiri kenapa tidak? Jadikanlah pelestarian lingkungan sebagai perwujudan rasa syukur kita terhadap Allah SWT atas rahmat dan karunianya memberikan kita hidup di bumi ini dengan segalanya yang berada di dalamnya.
Saya berharap agar kesadaran masyarakat meningkat akan kepentingan menjaga lingkungan sekitar. Seperti yang telah saya contohkan diatas, masyarakat sekitar rumah saya acuh terhadap kebersihan lingkungannya. Mungkin di daerah-daerah lain juga banyak dijumpai kasus seperti ini. Semoga masyarakat lebih prihatin terhadap lingkungan sekitar sehingga kita dapat hidup lebih baik untuk hari esok dan untuk seterusnya. Amiiin… J

Tidak ada komentar :

Posting Komentar