Rabu, 17 Juli 2013

Khasiat dalam buah pisang




Pisang atau yang bernama latin Musa paradisiaca adalah buah rakyat. Mengapa demikian? Kita tahu semua golongan dapat mengonsumdi buah ini karena harganya yang murah dan mudah didapat. Pisang memiliki rasa yang manis dan enak. Buah pisang ini merupakan sumber energy instan yang sangat cocok dikonsumsi oleh mereka yang membutuhkan tambahan energy untuk aktivitasnya.

Ada banyak jenis pisang yang kita kenal, ada pisang ambon, pisang raja, pisang siam, pisang lampung, pisang mas, pisang nangka, pisang uli, pisang tanduk, dan lain-lain. Keberagaman jenis pisang ini tidak mempengaruhi kualitas zat-zat yang terkandung dalam daging buahnya.

Zat-zat yang terkandung dalam pisang

Buah pisang mengandung zat-zat yang bermanfaat bagi tubuh kita diantaranya ada karbohidrat yang berfungsi sebagai sumber energi; kalsium yang berfungsi untuk melancarkan sistem syaraf, otot dan otak; kalium yang berperan dalam kesehatan jantung, tekanan darah, menjaga keseimbangan air di dalam tubuh dan membantu mengirimkan oksigen ke otak; vitamin C; vitamin B6; vitamin A; vitamin; vitamin K; folat; tiamin;  riboflavin; niasin; zat besi; fosfor; magnesium; seng; mangan; tembaga; selenium serta fluorida.

Manfaat pisang bagi kesehatan

1. Mencegah penyakit jantung
Pisang mengandung vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan. Antioksidan ini mencetgah oksidasi lemak yang merupakan penyebab penyakit jantung. Serat pectin yang terdapat dalam pisang juga membantu menurunkan kadar kolesterol tubuh.

2. Baik untuk dikonsumsi ibu hamil
Pisang mengandung asam folat yang baik untuk perkembangan janin bagi ibu hamil, mengonsumsi pisang dapat menjaga sistem perkembangan janin yang ada di dalam rahimnya. 

3.  Mengatasi gangguan pencernaan
Buah pisang sangat mudah dicerna sehingga baik dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Di dalam pisang terdapat kandungan vitamin B6 yang membantu meredakan gejala diare. Sret pada pisang melancarkan sistem pencernaan.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh
Pisang mengandung vitamin A, C, dan B6 yang dapat berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. Mengonsumsi pisang setiap hari dapat meningkatkan sistem imun dan mencegah kita dari penyakit.

5. Mengatasi penyakit hipertensi
Di dalam pisang terdapat kalium yang berfungsi menyeimbangkan cairan dan elektrolit dalam tubuh sehingga tekanan darah dalam tubuh terkendali.


Nah itulah beberapa informasi tentang pisang yang saya kutip dari beberapa sumber. Semoga bermanfaat yaaa.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar