Rabu, 17 Juli 2013

Khasiat petai bagi kesehatan





Mendengar nama petai mungkin sudah tidak asing bagi penduduk di Indonesia. Siapa sih yang tidak kenal sama petai? Semua orang kenal betul siapa petai. Eitttss tapi tidak semua orang menyukai rasa dari petai, termasuk saya sendiri yang belum pernah mencobanya semenjak lahir. Bahkan tidak akan mencobanya.

Tapi bloggy, kamu perlu tahu kalau petai ini mengandung banyak khasiat loh buat kesehatan.  Mengapa demikian? Menurut penelitian, petai ini memiliki kandungan protein empat kali lebih banyak, karbohidrat dua kali lebih banyak, tiga kali lipat fosfor, lima kali lipat vitamin A dan zat besi, dan dua kali lipat jumlah vitamin dan mineral lainnya. Petai merupakan sumber energi yang baik, yaitu 142 kkal per 100 g biji. Petai mengandung tiga macam gula alami, yaitu sukrosa, fruktosa, dan glukosa yang dikombinasikan dengan serat. Kombinasi tersebut mampu memberikan dorongan tenaga instan, tetapi cukup lama dan cukup besar efeknya. Banyak sekali bukan kandungannya?

Lalu, apa saja manfaat petai itu sendiri bagi kesehatan?

1. Mengatasi anemia
Pada penderita anemia biasanya tubuh akan terasa letih, lemah, dan lesu. Hal ini dapat mengakibatkan si penderita merasakan nyeri pada bagian persendian tulang. Rasa nyeri ini dapat diatasi dengan mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, petai merupakan makanan yang mengandung zat besi tinggi.

2. Menyehatkan mata
Kamu tentu sudah tahu dong kalau mata kita sangat membutuhkan vitamin A. Karena dengan vitamin A, kesehatan kornea mata akan terpelihara.  Jadi buat yang matanya minus, mengonsumsi petai juga baik nih buat memperbaiki kualitas penglihatan mata kamu.

3. Mengurangi tekanan darah tinggi dan mencegah stroke
Menurut penelitian, petai terbukti dapat mengurangi resiko stroke hingga 40%. Petai mengandung kalium yang tinggi dan rendah garam yang mampu menstabilkan detak jantung.

Nah itulah beberapa khasiat petai bagi kesehatan. Tapi bagi yang tidak menyukai petai, tidak diwajibkan kok makan petai, kamu bisa mencari alternatif makanan lain yang juga mengandung zat-zat tinggi yang diperlu

Tidak ada komentar :

Posting Komentar