Senin, 01 Juli 2013

Manfaat Bengkoang Bagi Kesehatan



Bengkoang atau yang mempunyai nama ilmiah Pachyrhizus erosus  merupakan salah satu dari jenis umbi namun memiliki rasa yang berbeda dari umbi yang lain. Bengkoang memiliki rasa segar dan manis. Rasa manis yang ada dalam bengkoang ini berasal dari oligokasarida yang disebut inulin. Bengkoang mengandung air yang cukup banyak yaitu sekitar 80-90% sehingga baik untuk membantu suplai cairan dalam tubuh. Karena kandungan cairannya yang tinggi inilah maka bengkoang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Kandungan yang terdapat di dalam bengkoang

Bengkoang memilki kandungan gizi yang cukup beragam, diantaranya energi, kalsium, protein, karbohidrat, lemak, zat besi, fosfor, vitamin B1, dan vitamin C.

Dengan kandungan gizi yang beragam, bengkoang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita, diantaranya:

1. Mencegah atau mengobati wasir
Jus bengkoang dapat menjadi alternatif pencegahan atau pengobatan pada penderita wasir. Mengonsumsi jus bengkoang secara teratur setelah bangun tidur dapat meminimalisir kemungkinan terserang penyakit wasir.

2.  Mengobati sariawan
Menurut penelitian dalam 100gr bengkoang mengandung vitamin c kurang lebih 20 mg.  Kandungan vitamin C yang cukup banyak dalam bengkoang sangat baik untuk kesehtan tubuh. Selain itu bengkoang juga mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

3. Menyehatkan tulang dan gigi
Kandungan fosfor dan kalsium dalam bengkoang sangat baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Menurut penelitian, dalam 100 gram bengkoang kurang lebih mengandung kadar fosfor sekitar 18 mg dan kalsium sekitar 15mg. Kebutuhan akan kalsium dan fosfor dapat dicukupi dengan mengkonsumsi bengkoang.

4. Memperlancar sistem pencernaan
Bengkoang memiliki inulin yang memilki sifat sebagai serat makanan. Sebagai serat makanan, inulin memperbanyak massa feses dan frekuensi defekasi terutama pada penderita konstipasi.

5. Mengobati penyakit beri-beri
Menurut penelitian, di dalam 100gram bengkoang terdapat vitamin B1 sekitar 0.04 mg. seperti yang kita ketahui, vitamin B1 sangat baik untuk penderita beri-beri. Dengan mengonsumsi bengkoangs ecara teratur, maka vitamin B1 akan terpenuhi dan terhidar dari penyakit beri-beri.

6. Mengurangi dehidrasi
Kandungan air yang cukup banyak dalam bengkoang dapat mengurangi dehidrasi tubuh.

7. Menghilangkan noda hitam dan flek pada wajah
Seperti yang kita ketahui, sejak dahulu pun sudah banyak produsen kosmetik yang memanfaatkan bengkoang sebagai bahan dasar dari ouput produk kecantikannya. Bengkoang memang terbukti dapat menghilangkan noda hitam dan flek pada wajah. Caranya cukup dengan mengonsumsi buah bengkoang secara teratur atau menghaluskan buah bengkoang dan membalurkannya di wajah sebagai masker.

Itulah beberapa manfaat buah bengkoang bagi kesehatan.  Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda. Terimaksih telah membaca artikel ini.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar